Halaman

Powered By Blogger

Senin, 30 Januari 2012

Regulator TV Asatron Matot (mati total)

         Tiga hari yang lalu dapat servisan TV China merk Asatron dalam kondisi mati total lampu indikator juga tidak menyala. Karena saat itu masih ada handelan yang kudu diselesaikan maka saya demayani tak bongkar besoknya. Maklum karena emang lagi banyak tugas he he he kayak orang penting aja.
         Besoknya saya bongkar dan mulai diagnosa penyakitnya (minjem istilahe dokter) dengan pemeriksaan secara maraton. Mulai mengecek voltase out pada regulator, dan ternyata tidak ada setrum sama sekali. Berarti yang tidak beres adalah bagian regulatornya. Maka diagnosa difokuskan pada bagian regulator.
          Transistor D1710 dicabut dan diperiksa ternyata tidak ada masalah, begitu juga dengan C3807 dan A1015 semua tidak ada masalah alias oke oke saja. Padahal elko 100mF/400v ada setrumnya. Hal ini sempat membuat aku poseng dbuatnya. Akhirnya aku pending aja dan beralih ke pasien lain. Malamnya aku buka internet sapa tau ada solusi dari para senior di bidang elektro. Beberapa saran sudah aku daptkan dan aku coba pada pagi harinya tapi juga tidak membuahkan hasil. Diantaranya mengecek dioda zenir dan semuanya normal normal saja.
            Sampailah pada hari ke tiga semua resistor saya test. Ternyata terdapat resistor / tahanan yang matek yaitu resistor 15k bentuknya sangat kecil. Setelah resistor 15k diganti dengan yang baru terus TV dijajal dinyalakan langsung jreng jreng jreng............. TV langsung nyala normal kembali.
                                Inilah posisi tahanan 15k yang sudah saya ganti dengan yang baru
         

1 komentar:

  1. Gan kalau itu yang warna kuning kapasitor brpa yah punya ku yng itu yng rusak cuma nggak tau kode kapasitornya

    BalasHapus